Harga minyak mentah kompak turun 1% dan menuju pelemahan mingguan terbesar

Harga minyak mentah kompak turun 1% dan menuju pelemahan mingguan terbesar
September 4, 2020 No Comments DINAMIKA NEWS dinamika

SINGAPURA. Harga minyak mentah terus melemah pada perdagangan hari ini dan menuju jalur penurunan mingguan. Harga emas hitam ini tertekan setelah fokus investor bergeser ke permintaan yang lemah, pasokan bahan bakar yang meningkat dan akhirnya mengimbangi sentimen positif dari pelemahan dolar Amerika Serikat (AS). 

Jumat (4/9), pukul 10.040 WIB, harga minyak mentah jenis Brent kontrak pengiriman November 2020 turun 45 sen atau 1,02% menjadi US$ 43,62 per barel, menuju pelemahan mingguan terbesar sejak Juni. 

Serupa, harga minyak jenis West Texas Intermediate kontrak pengiriman Oktober 2020 melemah 43 sen atau 1,04% ke US$ 40,94 per barel, menuju penurunan mingguan pertama dalam lima pekan terakhir.

Katalis negatif bagi minyak datang setelah data di Refinitiv Eikon menunjukkan volume minyak mentah yang tiba di China, importir minyak mentah terbesar di dunia, akan melambat pada September setelah naik selama lima bulan berturut-turut karena penyulingnya secara bertahap mencerna persediaan yang membengkak. 

Di AS pun, pabrik penyulingan yang kehabisan persediaan solar sepertinya tidak akan segera meningkatkan produksi.

“Margin lunak kemungkinan akan membatasi reli minyak mentah lebih lanjut dan kami mengantisipasi penurunan lebih lanjut pada musim gugur ini untuk mempercepat rebalancing saham produk,” kata analis RBC Capital Mike Tran dalam sebuah catatan.

Tran menambahkan, pemotongan produksi menyebabkan persediaan bensin AS turun dalam dua bulan terakhir, meskipun indikator mobilitas AS menunjukkan bahwa pola mengemudi sebagian besar telah stabil selama 6-8 minggu terakhir.

Smber; https://investasi.kontan.co.id/news/harga-minyak-mentah-kompak-turun-1-dan-menuju-pelemahan-mingguan-terbesar