Jokowi: Ada yang Salah di Perdagangan Digital Kita, Membunuh UMKM!

Jokowi: Ada yang Salah di Perdagangan Digital Kita, Membunuh UMKM!
March 5, 2021 No Comments DINAMIKA NEWS dinamika

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menyinggung perdagangan digital yang berlangsung di Indonesia. Menurutnya perdagangan digital yang ada saat ini justru membunuh UMKM.

Hal itu disampaikannya di depan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi saat membuka Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2021, dilansir dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (4/3/2021).

“Baru minggu kemarin saya sudah sampaikan ke pak Menteri Perdagangan, ini ada yang nggak bener ini di perdagangan digital kita, membunuh UMKM. Diperingatkan karena kita harus membela, melindungi dan memberdayakan UMKM kita agar naik kelas. Ini salah satu tugas terpenting Kementerian Perdagangan,” tuturnya.

Jokowi mengatakan, memang perdagangan digital merupakan hal yang tidak bisa dihindari dan justru harus dikembangkan. Namun pemerintah tetap harus menciptakan ekosistem e-commerce yang adil dan bermanfaat.

Transformasi digital menurutnya harus tetap menjaga kedaulatan dan kemandirian bangsa. Pelaku usaha dalam negeri tidak boleh menjadi korban perdagangan digital yang tidak adil.

“Negara-negara lain banyak mengalami ini dan kita tidak boleh menjadi korban perdagangan digital yang tidak adil,” tuturnya.

Selain itu Jokowi juga ingin praktik perdagangan digital harus meningkatkan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN), termasuk produk dalam negeri. Setidaknya bisa memberikan manfaat bagi pihak dalam negeri terutama UMKM.

“Jika ada praktek perdagangan digital yang berperilaku tidak adil terhadap UMKM harus segera diatur dan harus segera diselesaikan,” tutup Jokowi.

sumber : https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5480681/jokowi-ada-yang-salah-di-perdagangan-digital-kita-membunuh-umkm