Pertamina Target Salurkan Bantuan Modal Kerja Rp 580 Miliar untuk UMKM Binaan

Pertamina Target Salurkan Bantuan Modal Kerja Rp 580 Miliar untuk UMKM Binaan
September 8, 2020 No Comments DINAMIKA NEWS dinamika

Sekretaris PT Pertamina (Persero) Tajudin Noor menargetkan bisa memberikan bantuan modal usaha sebesar Rp 580 miliar untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan mitra tahun ini. Diharapkan, bantuan ini bisa membantu UMKM yang mengalami kesulitan akibat virus corona.

“Secara total penyaluran di tahun ini kita harapkan kita targetkan itu ada Rp 580 miliar untuk bisa kita salurkan di tahun ini, dan saya pikir ini menjadi penting juga bagi teman-teman di masa pandemi ini banyak UMKM-UMKM kita yang agak kesulitan untuk bisa tetap bertahan,” kata Tajudin dalam acara Virtual Press Conference SMEXPO, Selasa (8/9).

Tidak hanya dari sisi permodalan yang Pertamina berikan, melainkan juga melatih mereka untuk bisa beradaptasi dengan dunia terkini dengan yang normal untuk itu salah satunya dengan pameran virtual terbesar untuk UMKM. Agar mereka bisa menampilkan, memperluas, menjual belikan produk UMKM di platform digital.

“Kita menyediakan ini untuk bisa (UMKM) go global,” imbuhnya.

Hingga Agustus 2020, Pertamina mencatat ada 1.141 UMKM binaan mitra baru. “Sampai dengan awal September ini. Kita harapkan ke depan mitra binaan yang kita bisa masukkan sebagai mitra binaan Pertamina ini terus bertambah khususnya di masa pandemi ini,” jelasnya.

Dia menyebutkan, terkait bisnis Pertamina dengan UMKM sudah melakukan Kerjasama dengan beberapa instansi Pemerintahan, misalnya dengan Kementerian Dalam Negeri untuk memberdayakan Badan Usaha Milik Desa, dengan mengarahkan menjadi pengusaha minyak penyaluran BBM untuk Pertamina mini.

Selain itu, Pertamina juga mengajak masyarakat Indonesia untuk beralih mengonsumsi elpiji bersubsidi ke elpiji nonsubsidi. Sehingga Pertamina sudah banyak melakukan penyaluran dengan mitra-mitra UMKM di Indonesia untuk bisa menyalurkan elpiji nonsubsidi.

Sumber; https://www.merdeka.com/uang/pertamina-target-salurkan-bantuan-modal-kerja-rp-580-miliar-untuk-umkm-binaan.html