PLN Bidik 6.584 Sambungan Listrik Baru ke Sektor Pertanian

PLN Bidik 6.584 Sambungan Listrik Baru ke Sektor Pertanian
September 4, 2020 No Comments DINAMIKA NEWS dinamika

PT PLN (Persero) menargetkan lebih dari 6.584 sambungan listrik baru untuk sektor pertanian pada tahun ini. Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril otpimistis target tersebut dapat tercapai.

Terlebih, pertanian merupakan salah satu sektor usaha yang tetap tumbuh di tengah kontraksi perekonomian akibat pandemi covid-19.

Hal ini memberikan semangat bagi PLN untuk bersinergi memperluas dukungan listrik guna meningkatkan produktivitas dan mendorong efisiensi usaha tani.

“Awal Agustus lalu, kami dapat informasi BPS tentang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sektor pertanian tumbuh paling tinggi, 16,24 persen sampai kuartal II tetap tumbuh. Ini menunjukkan sektor pertanian cukup tangguh,” ujarnya, dalam webinar listrik dan produktivitas usaha tani, Jumat (4/9).

Bob menjelaskan PLN telah menghadirkan layanan electrifying agriculture untuk sektor pertanian, peternakan, perkebunan, termasuk juga sektor perikanan dengan penggunaan pompa listrik sebagai pengganti penggunaan pompa diesel untuk pengairan.

Dengan konversi bahan bakar energi untuk sistem irigasi pertanian ini, menurut Bob, para petani dapat menghemat biaya operasional.

“Dalam kegiatan pompanisasi dengan irigasi berbasis listrik petani yang semula menggunakan pompa diesel bisa melakukan penghematan hingga 60 persen setelah beralih ke pompa listrik,” jelasnya.

Selain itu, petani yang semula mengandalkan pengairan sawah tadah hujan juga bisa meningkatkan masa panen dari 1-2 kali per tahun menjadi tiga kali per tahun dengan beralih penggunaan listrik.

Bob mencontohkan elektrifikasi dalam kegiatan kegiatan budidaya buah naga di Banyuwangi bisa meningkatkan produktivitas petani dari yang sebelumnya hanya berbuah musiman, kini bisa berbuah sepanjang tahun.

“Sejak 2017 potensi penyaluran listrik buat naga tumbuh sangat pesat khususnya di Jawa timur,” imbuhnya.

Bob menyampaikan dalam waktu dekat pihaknya akan lebih fokus memberikan dukungan kelistrikan bagi usaha tani dan siap bersinergi untuk memberikan kemudahan layanan listrik untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

“Insyaallah dalam waktu dekat kita akan adakan MoU kerja sama bagaimana meningkatkan sinergi antar PLN depan Departemen Pertanian untuk meningkatkan produktivitas pertanian,” tandasnya.

Smber; https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200904121539-85-542762/pln-bidik-6584-sambungan-listrik-baru-ke-sektor-pertanian